Rabu, 18 Desember 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah             : SMK Al-Ikhlas
Mata Pelajaran  : Kewirausahaan
Kelas/Semester : XI / 1 (ganjil)
Pertemuan         : 1 pertemuan
Alokasi Waktu  : 45 menit x 4

Standar Kompetensi                      : Merencanakan Usaha Kecil / Mikro

Kompetensi Dasar                        : Menganalisis Peluang Usaha

Indikator Pencapaian Kompetensi :
  1. Mengidentifikasi peluang dan resiko usaha.
  2. Menganalisis faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha.
  3. Melakukan pengembangan ide dan peluang usaha.
  4. Mengidentifikasi kemungkinan keberhasilan dan kegagalan.
  5. Menerapkan pemetaan peluang usaha.
  6. Menerapkan pemanfaatan peluang secara kreatif dan inovatif.
A. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat mengidentifikasi peluang dan resiko usaha.
  • Siswa dapat menganalisis deskripsi faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha.
  • Siswa dapat melakukan pengembangan ide dan peluang usaha.
  • Siswa dapat mengidentifikasi kemungknan keberhasilan dan kegagalan.
  • Siswa dapat menerapkan pemetaan peluang usaha.
  • Siswa dapat menerapkan pemanfaatan peluang secara kreatif dan inovatif.
B. Materi Pokok
Peluang usaha kecil / mikro
C. Uraian Materi


  1. Peluang dan resiko usaha.
  2. Faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha.
  3. Mengembangkan ide dan peluang usaha.
  4. Menganalisis kemungkinan keberhasilan dan kegagalan.
  5. Memetakan peluang usaha.
  6. Pemanfaatan peluang secara kreatif dan inovatif.
Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya, tekun, berani, bertanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, mandiri, kreatif dan kerja keras
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
jujur, saling menghargai orang lain, inovatif, berorientasi tugas dan hasil
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
 Studi Kepustakaan - Diskusi Kelompok - Penugasan
Strategi Pembelajaran


Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
Memahami konsep berwirausaha
Membahas peluang usaha, resiko usaha, ide usaha , faktor keberhasilan dan kegagalan, pemanfaatan peluang secara kreatif dan inovatif
Siswa dapat memahami konsep berwirausaha dan siswa dapat menciptakan dan mengembangkan usaha

 F. Langkah-langkah Pembelajaran

Tahap Kegiatan
Aktivitas Siswa / Guru
Waktu
Pendahuluan
Mengucapkan salam pembuka
Memeriksa kehadiran siswa
Memeriksa kebersihan dan kerapihan    kelas
Memberikan informasi tentang materi yang akan dipelajari
10 menit
Inti
·        Menjelaskan pengertian peluang usaha dan resiko usaha
·        Menganalisis peluang usaha agar usaha yang dijalani dapat berhasil
·        Menjelaskan faktor faktor penyebab keberhasilan dan kegagalan usaha
·        Menjelaskan  cara mengembangkan ide dan peluang usaha
·        Menerangkan cara menganalisis kemungkinan keberhasilan dan kegagalan
·        Menerangkan pemetaan peluang usaha
·        Menjelaskan pemanfaatan peluang secara kreatif dan inovatif
·        Siswa melihat video perjalanan kesuksesan seorang wirausahawan
·        Guru memberikan motivasi berwirausaha, memberi semangat kepada siswa agar mempunyai semangat berwirausaha
60 menit
Tugas
·        Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok sesuai jumlah siswa di kelas
·        Setiap kelompok diberi tugas mencari informasi berbeda
·        Kelompok 1 siswa mencari tahu macam macam peluang usaha yang mungkin timbul dari berbagai peristiwa / momen
·        Kelompok 2 siswa mencari tahu cara mengembangkan ide dan peluang usaha
·        Kelompok 3 siswa dapat menganalisis resiko yang mungkin datang dalam  suatu peluang usaha
·        Kelompok 4 siswa mencari tahu faktor penyebab keberhasilan dan kegagalan usaha
·        Kelompok 5 siswa mengembangkan ide peluang usaha
·        Kelompok 6 siswa menganalisis kemungkinan keberhasilan dan kegagalan ide dan peluang
·        Kelompok 7 siswa mencari contoh pemanfaatan peluang secara kreatif dan inovatif
60 menit
Penutup
·        Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok masing-masing
·        Melakukan penilaian terhadap tugas dan kegiatan yang sudah dilaksanakan
·        Bersama sama dengan siswa membuat kesimpulan pelajaran
·        Guru mengajak siswa untuk praktek membuat usaha kecil-kecilan sesuai dengan dana yang diperoleh dari lembaga peminjam uang seperti mengikuti lembaga KUR (kredit Usaha Rakyat) dengan memanfaatkan peluang usaha dibidang pariwisata, membuat kerajinan tangan untuk dijual di tempat wisata
·        Guru menutup proses pembelajaran
50 menit


G. Sumber dan Alat
Buku teks, LCD, Laptop, Spidol, Video


                                                                                                                     Jakarta, 18 Desember 2013
Mengetahui,

Kepala                                                                                              Guru Mata Pelajaran Kewirausahaan




NIP.                                                                                                  NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar